Siapakah Manusia?

Siapakah Manusia?

Seperti yang kita ketahui bersama, apa sebenarnya manusia itu? Darimana asal manusia? Apakah manusia mempunyai peranan penting di dunia? Dan kenapa harus ada makhluk yang kita sebut manusia ini?
Okey, kita akan bahas satu-satu mengenai manusia. Manusia, apa yang dimaksud manusia itu? Menurut pengalaman ilmu yang pernah saya peroleh, manusia adalah salah satu makhluk yang diciptakan untuk melindungi dunia, merawat dunia, serta mengisi kehidupan di dunia. Manusia dianugrahkan akal dan pikiran oleh Tuhan. Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Kenapa demikian? Karena manusia ditakdirkan untuk hidup bermasyarakat agar dapat berinteraksi sosial dengan manusia yang lain. Manusia juga diciptakan berpasang-pasangan, karena mereka tidak dapat hidup sendiri-sendiri. Manusia juga adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna. Manusia diciptakan untuk melindungi, merawat, dan menjaga apa yang ada di dunia ini. Manusia sudah ada dari zaman dahulu, dengan adanya manusia purba pada waktu saat itu.
Manusia itu terdiri dari jasmani dan rohani. Jasmani itu berbentuk fisik yang dapat di lihat maupun disentuh. Jasmani, yang berasal dari tanah. Merupakan bagian alam yang nyata Sedangkan rohani adalah jiwa yang mengisi jasmani manusia. Ruhani, yang berasal dari ruh Allah. Merupakan bagian dari alam ghaib. Sehingga jasmani kita dapat berfungsi dan dapat mengontrol apa yang ingin kita lakukan. Menurut tokoh psikologi ternama yaitu Sigmund Freud, menerut beliau sifat manusia terdiri dari 3, yaitu:
1.      Ego. Ego yaitu sifat manusia yang terlihat, dan dilakukan dengan sadar.
2.      Id. Id yaitu sifat manusia yang sulit untuk dilihat.
3.      Super Ego. Super Ego yaitu aturan untuk mengontrol Ego dan Id.
Manusia mempunyai peran sebagai manusia individu dan sosial. Manusia individu sejatinya adalah bagian yang tidak terpisahkan antara jasmani dan rohaninya. Sedangkan manusia sosial adalah manusia yang tidak dapat hidup sendiri, karena manusia membutuhkan manusia lain dalam hidupnya.
Darimanakah asal manusia itu? Manusia itu mempunyai proses dalam hidup. Dari mulai janin, bayi, remaja, dewasa, tua. Kenapa manusia itu disebut makhluk sosial? Karena manusia membutuhkan orang lain, contohnya untuk hidup berdampingan, untuk melanjutkan keturunannya.
Peranan manusia sangatlah penting bagi lingkungan hidup. Karena manusia mempunyai derajat yang lebih tinggi dibandingkan makhluk lainnya, karena manusia memiliki akal dan pikiran untuk merawat, menjaga, serta menjalankan ekosistem kehidupan didunia. Manusia mempunyai tanggung jawab yang besar atas kelangsungan kehidupan di dunia. Banyak sekarang manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab atas kelangsungan kehidupan di dunia. Salah satu contohnya adalah banyak sekali manusia-manusia yang melakukan kerusakan kepada alam. Pada hakikatnya, manusia itu harus melestarikan alam. Bukannya malah merusak alam. Manusia juga berperan sebagai seorang pemimpin. Minimal untuk pemimpin dirinya sendiri. Seorang pemimpin dapat mengubah sebuah perkumpulan masyarakat agar hidup sejahtera.
Kesimpulannya adalah manusia adalah makhluk yang mempunyai akal dan pikiran. Manusia disebut makhluk individu maupun makhluk sosial. Manusia terdiri dari 2, yaitu jasmani dan rohani. Manusia mempunyai proses dalam hidup dari janin, bayi, remaja, dewasa, hingga tua. Peranan manusia sangatlah penting. Karena manusia adalah mahkluk yang paling tinggi derajatnya. Peranan manusia salah satunya adalah menjadikan dirinya sebagai pemimpin, minimal pemimpin untuk dirinya sendiri.


Komentar