Pengaruh Kekuatan Cinta Bagi Seseorang



PENGARUH KEKUATAN CINTA BAGI SESEORANG


          Sebenarnya, apa itu cinta? Darimana datangnya cinta itu? Untuk siapa cinta itu? Banyak sekali orang-orang yang mendefinisikan apa itu cinta. Seperti kutipan di film-film banyak yang mendefinisikan cinta itu apa. Seperti:
       -      “Entah bagaimana keajaiban sebuah impian, persahabatan, cinta, keyakinan bisa membuat banyak perbedaan yang mengubah kehidupan manusia” -5cm.
     -     “Hal yang paling menyakitkan adalah harus berpura-pura bahagia ketika melihat orang yang dicintai mencintai orang lain” –Cinta Brontosaurus.
      -     “Apa yang sudah kamu pilih, harus kamu selesaikan dengan baik” –Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar.
      -     “Hati itu dipilih, bukan memilih. Bertahan atau melepaskan itu tergantung hatimu. Hatimu yang tau” –Perahu Kertas 2.
       -     “Orang yang pantas kita sayangi adalah orang yang selalu ada dengan kita” –The Tarix Jabrix.
       -     “Kami belajar, bahwa persahabatan artinya kesetiaan” –Serigala Terakhir.
       -     “Cinta itu bisa membuat manusia kelihatan bodoh” –Broken Hearts.

          Cinta menurut pandangan saya sendiri adalah dimana perasaan kasih sayang yang diberikan kepada kita, untuk orang yang tepat. Orang yang paling tepat mendapatkan rasa kasih sayang adalah orang yang selalu ada buat kita. Bukan hanya kekasih saja, namun teman pun adalah orang yang tepat untuk mendapatkan rasa kasih sayang. Keluarga juga menjadi salah satu prioritas dalam hidup kita. Karena keluarga adalah segala-galanya. Tanpa keluarga, kita buka siapa-siapa. Simak kasus cerita berikut ini.

          Hari ini, aku berjalan ke pintu kantorku pada jam 7 pagi (aku seorang penjual bunga) ketika aku menemukan seorang prajurit Angkatan Darat berseragam berdiri di depan menunggu. Dia sedang dalam perjalanan ke bandara untuk pergi ke Afghanistan selama setahun. Dia berkata, “Aku biasanya membawa pulang karangan bunga untuk istriku setiap hari Jumat dan aku tidak ingin membiarkan dia sedih ketika aku pergi.” Dia kemudian menaruh pesanan sebanyak 52 karangan bunga untuk dikirim ke kantor istrinya dan memintaku untuk menjadwalkan satu pengiriman karangan bunga setiap hari jumat sampai ia kembali. Aku memberinya diskon 50% karena membuat hariku begitu spesial dengan melihat sesuatu yang begitu manis. (http://www.akuinginsukses.com/50-cerita-cinta-singkat-yang-menginspirasi/)

          Cinta itu butuh pengorbanan. Cinta juga butuh pengertian dan kejujuran. Cinta juga butuh respect. Cinta juga butuh tanggung jawab. Setiap orang pasti memiliki cinta dalam dirinya, namun sesuatu yang dicintai pasti berbeda. Ada cinta yang dapat menghancurkan maupun dapat menginspirasi.

          Cinta dapat menghancurkan maksudnya adalah cinta yang merugikan. Seperti kasus dibawah ini:

Ditolak Cintanya, Siswa SMP Gantung Diri

 

indosiar.com, Lombok Barat - Seorang siswa kelas III sebuah Tsanawiyah di Mataram, nekat gantung diri. Pihak keluarga Nurjihad sama sekali tak menyangka bahwa putranya nekat mengakhiri hidupnya, hanya karena cintanya ditolak Solu, siswa kelas V SD, yang masih terhitung sepupunya.
Bahkan tindakan ini sudah direncanakan Jihad, putra sulung Haji Suri, warga Batu Layat, Lombok Barat, jauh sebelumnya karena terbukti korban sudah mempersiapkan batu nisan untuk dirinya, lima bulan sebelumnya. Diakui Haji Suri, lima bulan sebelumnya ia sempat curiga ketika korban mempersiapkan dua buah batu nisan yang diambil di kali dan disimpan korban dikamarnya.
Sebelum tewas, Jihad sempat menulis 3 pucuk surat yang ditujukan ke orang tuanya, guru, dan teman-temannya serta untuk pujaan hatinya, Sul. Aparat Polsek Senggigi yang melakukan olah TKP dan visum akhirnya memastikan kematian korban Nurjihad, murni akibat bunuh diri.(Agus Zaeroni/Idh)
 (Sumber: http://www.indosiar.com/patroli/ditolak-cintanya-siswa-smp-gantung-diri_48872.html)

          Dapat kita pelajari dari kasus diatas, bahwa cinta memang penting dalam hidup manusia. Namun jangan karena cinta manusia dibutakan. Sampai-sampai ada orang yang putus asa mengakhiri hidupnya hanya karena cinta. Bukan berarti manusia tidak boleh merasakan dan mempunyai rasa cinta. Tidak ada yang melarang apabila ada orang yang mencintai orang lain. Namun setidaknya jangan karena cinta, orang-orang dibutakan oleh cinta dan berbuat hal yang bodoh.

          Cinta dapat menginspirasi maksudnya adalah cinta yang bersifat positif. Seperti kasus dibawah ini:

Guru di Tempat Terpencil Sukabumi, Pengabdian Tak Berbatas

Esok, tepat pada 25 November, kita akan merayakan Hari Guru Nasional. Saat yang tepat untuk melihat kembali tetesan keringat dan pengabdian para ibu dan bapak guru dalam mencerdaskan anak-anak bangsa, tanpa pandang tempat. 
Para jurnalis harian Kompas, Ester Lince Napitupulu, Lasti Kurnia, dan Indira Permanasari, mengunjungi para guru yang berada di pedalaman Kabupaten Sukabumi, tepatnya di SDN Caringin, Kampung Caringin, Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, dan SDN Sukasari di Kampung Cilampahan, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, pekan lalu. SDN Sukasari dan SDN Caringin termasuk sekolah yang terpencil di Kabupaten Sukabumi.
Jalan akses menuju ke dua sekolah itu tidak mudah. Di Desa Sukasari, begitu matahari bersinar, kami mengikuti Endun dan Ade Irma menuju ke sekolah dengan menaiki sepeda motor bebek yang sudah dimodifikasi.
Selama setengah jam mereka berayun-ayun di atas motor melewati jalanan batu dan tanah yang berkelok dan berbukit. Sampai kemudian tampak sekolah di atas bukit. Di tempat itu, keduanya mengajar.

            Pepatah mengatakan “Guru adalah pahlawan tanda jasa” begitulah kaliman pepatah yang cocok untuk menggambarkan sesuai cerita diatas. Dimana rasa cinta para pengajar kepada murid-muridnya begitu besar. Walaupun mereka para pengajar harus melalui akses jalan menuju sekolah tidaklah mudah. Bukan masalah uang yang mereka pikirkan, melaikan yang mereka pikirkan adalah bagaimanapun anak-anak juga wajib dan mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan.






"Cinta tetap ada, tidak butuh arti, karena sudah punya banyak makna. Tidak perlu dicari, karena dimana pun dia ada"
-Bahwa Cinta Itu Ada







Komentar