Pandangan Hidup Negara



PANDANGAN HIDUP NEGARA

            Didunia ini pasti setiap negaranya punya padangan hidup masing-masing. Seperti pandangan hidup kapiltalisme, fasisme, sosialisme, dan komunis. Biasanya pandangan hidup Negara itu tergantung dari sistem ekonomi, politik, sosialnya. Kita akan membahas satu persatu padangan hidup Negara-negara tersebut.

         1.      Kapitalisme
Kapitalisme adalah padangan suatu Negara terhadap sistem ekonomi dimana suatu perdagangan atau sebuah industry di kepalai atau dipimpin oleh pihak swasta dengan tujuan mengambil keuntungan ekonomi pasar. Beberapa ahli perpendapat mengenai kapitalisme, bahwa kapitalisme biasanya di anut oleh Negara-negara eropa sejak abad ke-16. Tokoh besar dalam kapitalisme adalah Adam Smith.

          2.      Sosialisme
Sosialisme adalah suatu pandagan yang di anut oleh Negara-negara yang dipengaruhi oleh sistem ekonomi dan sistem sosialnya dengan tujuan menguasai produksi dan membagi rata hasil produksi dengan masyarakat. Namun, sosialisme dapat juga mengacu kebeberapa hal seperti kelompok ideologi, sistem ekonomi dan Negara. Sistem sosialisme itu sendiri timbul pada abad ke-19. Negara yang menganut sistem sosalisme adalah Suriah, Bolivia, India, Bangladesh, Sri Lanka, Aljazair. Pada intinya sosialisme itu adalah suatu suatu sikap perhatian, simpati, dan empati individu terhadap individu lainnya. Pelopor sosialisme ialah Karl Marx dan Friedrich Engels.
 
          3.      Komunisme
Komunisme adalah suatu ideologi yang di besarkan oleh Karl Max. Ideologi komunisme di anut oleh beberapa Negara, seperti Korea Utara, China, Kuba, Vietnam, Laos dan Rusia. Ideologi komunisme lahir pada abad ke-19 untuk mengoreksi terhadap ideologi kapitalisme. Komunisme dapat dikatakan anti-kapitalis, karena menggunakan partai komunis untuk mengambil kekuasaan. Berbeda jelas dengan ideologi kapitalis. Indonesia pernah masuk kedalam salahs atu kekuatan besar komunis pada tahun 1920-an dengan adanya PKI (Partai Komunis Indonesia) dengan tokoh nasionalnya adalah Tan Malaka.

         4.      Fasisme
Fasisme adalah suatu ideologi suatu Negara yang merupakan gerakan radikal ideologi nasionalis otoriter politik. Fasisme didirikan oleh indikasi dari pihal Italia pada perang dunia 1. Fasisme merupakan anti-komunis, anti-demokratis, anti-individualis, anti-liberal, anti-parlemen, anti-konservatif, anti-borjuis dan anti-proletar, dan dalam banyak kasus anti-kapitalis Fasisme. Mussolini dan Hitler adalah 2 tokoh penganut ideologi keras fasisme. Negara-negara penganut ideologi fasisme antara lain, seperti Jerman dibawah pimpinan Hitler, Italia dibawah pimpinan Mussolini, serta Spanyol dibawah pimpinan Franco.

         5.      Pancasila
Pancasila adalah suatu padangan hidup Negara Indonesia karena pancasila menfasirkan cita-cita, keyakinan, serta kepercayaan yang dijunjung tinggi oleh Indonesia sebagai padangan hidup berbangsa. Disetujui Pancasila sebagai dasar padangan hidup Indonesia telah melalui serangkaian proses yang tidak cepat.

Dasar negara merupakan cita-cita dan tujuan yang hendak dicapai oleh negara itu. Cita-cita dan tujuan didirikannya suatu negara akan dijadikan sebagai pedoman dan arah dalam gerak langkah penyelenggaraan pemerintah negara.

Komentar