Penderitaan Manusia


PENDERITAAN MANUSIA


  Penderitaan adalah suatu hal yang tidak mengenakan, yang dijalani manusia. Semua manusia pasti perna mengalami yang namanya penderitaan. Karena penderitaan termasuk sifat yang realistis. Penderitaan dapat menyebabkan manusia itu meyerang dengan sesuatu hal (pesimis) maupun menjadiin penderitaan itu sebagai hal yang membangun (optimism).
   1.      Pederitaan Fisik
Penderitaan fisik adalah penderitaan yang di alami oleh manusia, yang menimpa manusia tersebut. Penderitaan fisik dapat dilihat dan tidak dapat dilihat.
Contoh dari pederitaan fisik yang dapat dilihat, seperti cacat fisik (disabilitas), luka di badan, dsb. Sedangkan penderitaan fisik yang tidak dapat dilihat, seperti penyakit hati, kanker, jantung, dsb.

   2.      Penderitaan Mental    
Penderitaan mental adalah suatu keadaan dimana jiwa seseorang mengalami kekacaungan, kebingungan, kerisahan dalam dirinya sehingga ia merasa stress. Manusia yang mengalami penderitaan mental biasanya tidak tahu apa yang harus ia lakukan. Manusia yang mengalami penderitaan mental harus selalu di support oleh orang-orang terdekatnya seperti keluarga dan teman-temannya, agar tetap semangat untuk menjalani hidup.

   3.      Penderitaan Jiwa
Penderitaan jiwa tidak jauh definisinya dari penderitaan mental. Penderita penderitaan jiwa biasanya orang-orang yang mulai putus asa. Penderitaan jiwa mengarahkan keburukan. Putus asa adalah sumber kesesatan, dan kegelapan hati, pangkal penderitaan jiwa.

   4.      Penderitaan Batin
Penderitaan yang dialami manusia karena adanya tekanan di dalam hati karena adanya hal yang menyinggung. Contohnya seperti seorang anak yang tidak memiliki waktu bersama kedua orangtuanya karena orangtuanya sibuk bekerja. Namun tidak semua penderitaan batin itu bersifat negatif. Namun ada juga yang bersifat positif.

Penderitaan baik yang bersifat fisik, mental, jiwa, maupun batin, tidak selamanya merugikan. Terkadang dari penderitaan yang dialami manusia, manusia itu bisa belajar agar bisa menjalani hidup lebih baik lagi. Kesimpulannya, penderitaan tercipta agar kita lebih giat dan berusaha lagi untuk tidak berada kembali pada posisi itu dan terus bersikap optimis dalam melakukan semua hal selama kita masih hidup. Dan yang harus kita lakukan saat penderitaan itu datang adalah, dengan berdoa, usaha, ikhtiar dan tawakal terus-menurus kepada Tuhan YME.

Komentar