Manajemen Pemasaran Global (Tugas 1)
1. Jelaskan yang dimaksud Manajemen Pemasaran
Internasional dan contohnya!
Adalah
pemasaran yang kegiatan operasinya melewati batas-batas lebih dari 1 (satu)
negara. Pemasaran Internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktifitas,
dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa
perusahaan kepada konsumen di berbagai negara. Contoh, PT. Indofood Mulai
bergerak di pasar Internasional dengan mengekspor Mi Instan ke beberapa negara
ASEAN, Timur Tengah, Hongkong, Taiwan, China, Belanda, Inggris, Jerman,
Australia, dan negara-negara di Afrika.
2. Jelaskan seberapa penting peranan budaya
dalam pemasaran global? Berikan contohnya!
Pemasar
internasional harus mengetahui pengaruh budaya dan harus menyiapkan diri untuk
menghadapi tantangan yang akan dihadapi akibat adanya aspek budaya ini.
Tiap-tiap bangsa mempunyai nilai, adat istiadat dan tabu sendiri-sendiri.
Pengusaha asing, jika ingin berhasil, harus menanggalkan enosentrisme mereka
dan mencoba memahami kultur dan kebiasaan bisnis di negara tuan rumah, yang
seringkali berbeda konsep waktu, ruang dan tata caranya. Sehingga dalam membuat
produk, budaya merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi karakteristik
produk tersebut.
Hal
ini juga didasarkan pada perilaku pembelian dan kebutuhan konsumen didorong
oleh norma-norma budaya. Latar belakang budaya juga mempengaruhi konsumen dalam
mengolah informasi dan faktor yang memotivasi konsumen dalam melakukan
pembelian. Perusahaan yang melakukan bisnis global berarti berhubungan dengan
konsumen, mitra strategis, distributor dan pesaing dengan pola pikir budaya
yang berbeda.
Contoh:
Bagaimana Mc Donald menyesuaikan budaya makan di setiap-setiap negara,
sehingga, Mc Donald menyesuaikan menu yang ada di gerai-gerai mereka dengan
budaya makan di negara tertentu.
3. Perencanaan strategis apa yang cocok untuk
UKM dalam menghadapi tantangan pasar global?
Perencanaan
strategis yang tepat dan cocok untuk dilakukan oleh UKM atau perusahaan kecil
menengah di Indonesia dalam menghadapi tantangan pasar global adalah investasi
untuk tumbuh (invest to grow), dimana merupakan sebuah strategi pasar yang
offensive untuk menginvestasikan sumberdaya pemasaran untuk pengembangan pasar
atau posisi produk di pasaran. Dalam menghadapi tantangan global, UKM atau
perusahaan kecil/sedang berkembang, seharusnya menganalisis beberapa faktor
yang dapat meningkatkan keunggulan kompetitif produknya di pasaran, yaitu
ditinjau dari segi diferensiasi produk dan pasar, keunggulan biaya serta
keunggulan pemasaran. Beberapa faktor utama yang membentuk keunggulan
kompetitif dari suatu bisnis, antara lain:
a. Keunggulan
diferensiasi pasar, yang meliputi peningkatan kualitas produk, pelayanan, dan
brand image.
b. Intensitas persaingan pasar, yang meliputi biaya unit, biaya transaksi
serta pengeluaran pemasaran.
c. Akses pasar, yang meliputi pangsa pasar, penghargaan, merek dan
distribusi.
Dengan
memperhatikan faktor-faktor tersebut, perusahaan dapat bertahan dan secara
perlahan akan terus berkembang dan dapat memantapkan posisinya dalam persaingan
pasar.
Dengan
memperhatikan faktor-faktor tersebut, perusahaan dapat bertahan dan secara
perlahan akan terus berkembang dan dapat memantapkan posisinya dalam persaingan
pasar.
4. Tahap-tahap menjadi pemasaran
internasional!
a. No
Foreign Marketing
Perusahaan
sudah berhubungan dengan dunia internasional tetapi bukan karena inisiatif atau
belum ada usaha untuk memasarkan sendiri ke pasar luar negri. Hubungan mungkin hanya
berbentuk kerja sama atau hal-hal lain diluar pemasaran produk ke luar negri.
Terkadang suatu produk dikenal di negri lainnya, juga ada saja yang memakainya.
Akan tetapi disebabkan ketidaksengajaan, bisa juga disebabkan seseorang yang
menjual produk anda ke luar negeri secara ilegal.
b. Infrequent Foreign Marketing
Perusahaan
mulai memasarkan keluar negri kalau ada surplus produksi. Artinya, jika
kelebihan produksi maka barang tersebut dilempar ke luar negeri.
Perusahaan-perusahaan cina banyak melakukan hal ini.
c. Regular
Foreign Marketing
Produsen
sudah mempunyai perencanaan untuk memasarkan produknya ke pasar asing (luar
negri). Mereka memproduksi barang memang dengan tujuan dipasarkan dan dijual di
dalam negeri dan luar negeri. Berbeda dengan infrequent foreign marketing yang tidak tetap frekuensi memasarkan
produknya, maka reguler foreign marketing
konsisten menyalurkan produknya untuk konsumen luar negri.
d. Global
Marketing Operation
Produsen
telah terlibat dengan dunia. Bukan hanya memasarkan ke negara tertentu, mereka
juga bisa saja memproduksinya di negara tersebut. Jika perusahaan ada di
Indonesia, perusahaan juga eksis di Malaysia, Singapur, Brunei dan lainnya. Global marketing operation adalah
tingkat lanjut dari regular foreign
marketing dimana perusahaan tidak lagi hanya memikirkan dan memasarkan
produknya ke luar negeri, namun semua aspek diperhitungkan seperti lingkungan
demografi, kebiasaan dan selera negara tertentu, sehingga misal untuk produk
makanan yang sama bisa saja berbeda pada kemasan dan rasanya.
5. Pengaruh e-marketing pada pemasaran global!
Pemasaran
Internet atau pemasaran elektronik (bahasa inggris internet marketing,
e-marketing, atau online-marketing) adalah segala upaya yang dilakukan untuk
melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media
elektronik atau internet. Menurut Kotler, e-marketing adalah sisi pemasaran
dari e-commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaan untuk
mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui
internet. Dengan internet komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu
atau real time dan bisa mengglobal
atau mendunia. Dengan jumlah pengguna social media berbasis chat ini yang
banyak dan semakin hari semakin bertambah membuka peluang bagi UKM untuk
mengembangkan pasarnya dalam genggaman smartphone.
Sumber:
https://thidiweb.com/hal-penting-pada-pemasaran-internasional/
https://thidiweb.com/hal-penting-pada-pemasaran-internasional/
https://www.slideshare.net/bintuzaedin/manajemen-pemasaran-internasional
http://www.academia.edu/10919570/E-Marketing
http://blog.lukmanh.com/blog/2014/11/13/pengaruh-sosial-dan-budaya-terhadap-pemasaran-global/
http://www.academia.edu/9363697/SOAL_and_JAWABAN_PRESENTASI_PEMASARAN_STRATEGIK
Komentar
Posting Komentar