Strategi Pemasaran Global di Pasar Indonesia (UKM PT. Ikaindo Karbonik Indonesia) (Tugas 3)
Strategi Pemasaran
Global di Pasar Indonesia
Globalisasi
merupakan sebuah tantangan baru bagi perusahaan dalam penerapan strategi
pemasaran. Globalisasi adalah sebuah proses perubahan yang melibatkan bidang
politik, ekonomi, sosial-budaya, geografi, dan teknologi yang mampu
mengintegrasikan keseluruhan belahan wilayah dunia sehingga memperpendek dan
mempersingkat jarak dan waktu. Karena dengan adanya globalisasi, perusahaan
dituntut untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan kelas dunia yang memiliki
modal besar dan produk yang lebih berkualitas. Saat ini Indonesia menjadi
target pasar bagi perusahaan-perusahaan global untuk menikmati keuntungan
besar, sedangkan perusahaan Indonesia kalah dalam persaingan.
Banyak pakar
pendidikan dan praktisi bisnis telah menganggap bahwa globalisasi sebagai fenomena
yang sangat menarik untuk dicermati, karena dewasa ini terlihat dengan jelas berlangsungnya
proses transformasi global. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Held et al.,
(1999) dalam Ginting (2008) yang menyatakan bahwa globalisasi telah semakin
nyata dalam bidang politik, tatanan teritorial kenegaraan, budaya, dan ekonomi.
Pengintegrasian pasar barang, jasa, investasi, serta jaringan dan organisasi
berbasis ilmu pengetahuan semakin tampak (knowledge
network and competency of organization), baik inter, intra-firms maupun across the
nations. Barang dan jasa itu dirancang, dibuat, dan dipasarkan ke seluruh
penjuru dunia dengan melalui tatanan mata rantai produksi yang dinamis dan
mampu melampaui batas negara (cross-border
dynamic valuechain) serta lintas perusahaan.
Globalisasi
menjadi sebuah tantangan bagi semua perusahaan yang ingin masuk ke pasar global.
Karena dengan adanya globalisasi, perusahaan dituntut untuk menerapkan strategi
pemasaran global sehingga akan berdampak pada keunggulan bersaing di pasar
lokal, yaitu pasar tempat produk perusahaan dipasarkan. Namun demikian, setiap
negara memiliki karakteristik yang beragam sehingga perusahaan harus pula
mengamati permintaan pasar lokal terhadap produk yang dijual. Dengan adanya permintaan
yang memiliki karakteristik berbeda, maka penerapan strategi pemasaran global
yang sesuai dengan kondisi pasar diperlukan. Pendekatan strategi ini dikenal
dengan adaptation marketing strategy.
Terkait dengan
globalisasi tersebut, permasalahan yang muncul adalah banyak perusahaan Indonesia
yang belum cukup mampu menghadapi persaingan di pasar global. Pada akhirnya,
Indonesia hanya dijadikan target pasar bagi perusahaan-perusahaan asing. Sebagai
salah satu contohnya adalah pasar otomotif, semua industri otomotif kelas dunia
telah hadir di Indonesia dan menikmati keuntungan yang besar. Demikian halnya
dengan pasar elektronik telah dikuasai perusahaan asal Jepang, Korea, dan Cina.
Strategi Pemasaran Global
Seperti yang
diungkapkan oleh Viswanathan dan Dickson (2006) bahwa strategi pemasaran global
meliputi dua pendekatan yaitu strategi pemasaran standar dan strategi pemasaran
yang disesuaikan dengan kondisi negara tempat bisnis perusahaan dipasarkan (Standardization and adaptation of marketing
strategies). Strategi pemasaran dengan pendekatan standar lebih menekankan pada
pasar global yang memiliki sifat pelanggan yang homogen (consumer homogeneity). Strategi ini menekankan perusahaan untuk
dapat memasarkan produk dan layanan yang sama di seluruh dunia dengan
menggunakan identik strategi dengan biaya yang lebih rendah dan margin yang
lebih tinggi.
Hal yang sama
dikemukan oleh Levitt (1983) bahwa perusahaan multinasional yang memiliki pasar
global akan lebih kompetitif bila mereka mampu menawarkan produk-produk global
yang standar secara fungsional, dapat diandalkan, dan berbiaya rendah. Beberapa
perusahaan yang lebih menekankan kepada preferensi konsumen akan dibingungkan
oleh perilaku konsumen yang selalu berubah-ubah sehingga menjadi sulit dalam
pengambilan keputusan. Perusahaan global akan mencapai sukses dalam jangka
panjang jika ia mampu berkonsentrasi pada pasar yang konsumen inginkan daripada
menggarap pasar yang konsumen pikirkan secara detail. Menurut Levitt (1983),
perusahaan global merupakan perusahaan yang mampu menjual dengan biaya relatif
rendah di seluruh dunia dengan satu kesatuan strategi.
PT Ikaindo Industri Karbonik UKM Indonesia
yang Tembus Pasar Global
PT. Ikaindo
Karbonik Indonesia dibentuk pertama kali di Medan, Sumatra Utara, pada 1986
untuk memproduksi karbon aktif dari arang tempurung kelapa. Karbon aktif
digunakan dalam penjernihan air dalam proses industri. Coconut Shell Activated Carbon (CSAC) termasuk kedalam kualitas terbaik, ramah
lingkungan, dan tingkat harga tertinggi
dalam pasar karbon aktif. Namun secara teknis dan standar kualitas CSAC sangat
ketat dan membutuhkan investasi yang cukup besar akibat tingkat fixed cost yang tinggi.
Pada 1988, UMKM
ini mengalami masa sulit karena teknologi yang belum memadai, kontrol kualitas
yang rendah, dan lemahnya manajemen. Kegagalan ini berlangsung hingga pemilik
yang sekarang, President Director Darwis Karim, mengambil alih dan menginisiasi
perombakan teknologi, reinvestasi, pengembangan produk dan marketing hingga
akhirnya pada tahun 2006 menghasilkan profit dan pertumbuhan yang berkelanjutan.
Strategi yang
diambil oleh Darwis Karim adalah mengganti semua mesin (atau yang disebut kiln, mesin terpenting dalam karbon
aktif manufaktur) yang tidak efisien dan menghasilkan produk dengan kualitas
rendah. Disamping itu, mesin ini perlu dioperatorkan oleh 300 pekerja, jauh
lebih banyak dibanding saat ini yang hanya memerlukan 130 pekerja. Mengatasi
hal tersebut, PT Ikaindo melakukan
kontrak jangka panjang dengan perusaahaan karbon aktif dari Inggris dan AS
untuk melakukan technical assistance dalam pengembangan teknologi yang baru.
Setelah
didapatkan kualitas arang yang baik, kemudian arang tersebut dikemas dalam
kemasan khusus yang telah diberi label Karbon Indo yang untuk selanjutnya di
eksport ke luar negeri. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang berasal dari Medan
Sumatera Utara ini telah mampu membuat ekspor karbon aktif yang banyak
digunakan di pasar Amerika dan Eropa. Bahan bakar tersebut terbuat dari bahan
sederhana yaitu batok kelapa.
Perusahaan yang
awalnya hanya sebuah UKM kecil yang didirikan sejak tahun 1988 ini berkembang
seiring dengan berkembangnya inovasi dan teknologinya. Produk yang dihasilkan
dari karbon aktif tersebut digunakan di dalam pemurnian air dan berbagai proses
industri. Karbon aktif berbahan baku tempurung kelapa (CSAC) dianggap telah
memiliki kualitas terbaik karena kekerasan dan porositasnya. UKM di tahun 2013 telah dijadikan UKM percontohan oleh Kementerian Perdagangan. Karena dinilai mampu melihat peluang yang unik, mampu menjaga kontinuitas baik dari kualitas maupun kuantitas.
Sumber:
Simbolon,
Freddy. (2013). Strategi pemasaran global di pasar Indonesia. Binus Business
Review, Vol. 4, No. 1.
repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/10846/1/09E02120.pdf
http://goukm.id/10-ukm-indonesia-tembus-pasar-global/
https://www.margopost.com/pt-ika-indo-industri-karbonik-ukm-indonesia-yang-tembus-pasar-global/
Kami dari PT TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
BalasHapusServices Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Berikut Attecment terlampir.
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm@twin.co.id
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id, www.twin.co.id